fbpx

[Swatches & Review] All 12 Shades of Make Over Color Hypnose Creamy Lip Matte

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 19.2K views

Hampir setahun dari Make Over rilis produk dekoratif bibir terbaru, namanya Powerstay Transferproof Matte Lip Cream.

To me, Make Over always moves to different direction – in a very positive way. Disaat gaung transferproof matte lip cream udah mulai gak kedengeran, Make Over malah merilis Powerstay Transferproof Matte Lip Cream. Sekarang ini, Make Over dengan #ColorComeback-nya merilis lipstik klasik menjadikan lipstik klasik kembali on trend.

Terlepas dari nama produknya (yang seperti biasa) selalu panjang, menurutku Make Over Color Hypnose Creamy Lipmatte ini punya formula yang berbeda dari jajaran produk lipstik klasik milik Make Over lain. Well, I’ll do a thorough comparison about these products later. Sekarang yuk kita review dulu produknya!

✨ About The Product

Nama Produk COLOR HYPNOSE CREAMY LIPMATTE
Diproduksi oleh PT. Paragon Technology & Innovation, Jakarta
Berat Bersih 4,3gr
Harga Harga Official: IDR 75,000,-
Jumlah Warna 12 warna
Pembelian Online di LAZADA, SHOPEE, TOKOPEDIA & Seluruh gerai Make Over se-Indonesia

Jika di tahun lalu Make Over gencar dengan rilisan produk untuk seri ‘POWERSTAY’, Color Hypnose Creamy Matte ini gak masuk ke dalam seri tersebut. Aku kurang tau apakah ‘Color Hypnose’ merupakan nama produk atau nama seri yang nantinya ada ‘Color Hypnose’ lain yang dirilis selain Creamy Lipmatte.

Produk ini sudah dirilis dan dijual secara eksklusif di Make Over Official Flagship Store di Lazada sejak tanggal 2 Agustus 2020. Disana Make Over juga memberikan diskon eksklusif sebesar 13-20% untuk ke-12 warnanya. Last time I checked, all products were sold out.

✨ Design & Packaging

Make Over mempertahankan desain sleek dan modern di produk ini. Box-nya berbahan art paper tebal berwarna hitam matte dengan detail tulisan ‘COLOR HYPNOSE CREAMY LIPMATTE’ dan garis mengelilingi box berwarna ungu magenta dan logo Make Over berwarna putih. Di bagian samping kanan, ada tagline Make Over ‘Make Over for All’. Di samping kiri ada detail Ingredients. Bagian belakang berisi barcode, QR Code, Netto Weight, dan nama produsen. Di bagian atas ada stiker berisi detail nomor dan nama shade yang warnanya disesuaikan dengan warna shade lipstiknya. Di bagian bawah ada Nomor BPOM, Batch Code, dan Expiry Date.

So, all the details is in there.

Kali ini make Over gak menggunakan tabung sebagai container lipstik klasiknya. Container Make Over Color Hypnose Creamy Lipmatte berbentuk persegi panjang dengan bahan plastik tebal dan magnetic closure sehingga produk ini terkesan mahal dan terasa lumayan berat.

Detail grafis di container sama seperti detail di bagian depan box, yaitu berisi nama produk dan juga logo Make Over.

Di bagian bawah kamu akan mendapati stiker berwarna berisi info seperti nama Make Over dan nama produk, nomor dan nama shade, Batch Code, dan juga berat bersih (4,3g).

✨ Ingredients

Isononyl Isononanoate, Triethylhexanoin, Mica, Silica, Ethylhexyl Palmitate, Polyethylene, Cyclopentasiloxane, Diisostearyl Malate, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Synthetic Beeswax, Phenoxyethanol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Methicone, Tocopheryl Acetate, Fragrance, Tocopherol, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane.

Make Over Color Hypnose Creamy Lipmatte is Paraben-Free, Sulfate-Free, Alcohol-Free, BPOM Registered.

Hero Ingredients: VITAMIN E

Informasi penting mengenai Make Over Color Hypnose Creamy Lipmatte:

  • FULL-BLAST PIGMENTED COLOR: produk ini menggunakan konsentrasi warna yang tinggi yang dikembangkan dengan menggunakan Color Dispersing Pigment Technology membuat lipstik ini mampu menutupi seluruh warna asli bibir (termasuk pemilik bibir gelap) dalam sekali oles.
  • SILK-MOIST SENSE: selain itu, produk ini mengandung lip nutrition (Vitamin E) serta Moisture Light Oil yaitu pelembab dalam bentuk oil yang cukup ringan, serta Silicone Elastomer yang membuat lipstik mampu membantu melembabkan bibir tanpa meninggalkan rasa lengket atau berminyak.

✨ Formula, Color, Finish

Make Over Color Hypnose Creamy Lipmatte memiliki formula creamy yang mudah banget diratakan, bahkan di ulasan pertama ketika produk belum pernah dipakai sama sekali. Warnanya bisa langsung keluar dan langsung menutupi warna asli bibir. Pigmentasi warnanya juga juara! Produk ini punya konsistensi pigmen yang sama di semua warna, gak ada yang terlihat patchy bahkan untuk warna paling tua (04 Hypnotic) atau warna termuda sekalipun (08 Addicted).

Ketika di bibir, produk ini bisa stay tanpa membuat bibir terasa tebal. It will sit and stay nicely on lips, tanpa ada rasa lengket, basah, atau berminyak. Yang paling aku suka dari produk ini, gak seperti transferproof lip cream, produk ini memiliki kemampuan untuk menutupi garis-garis halus di bibir sehingga bibir gak akan keliatan kering.

Oh ya, Make Over Color Hypnose Creamy Lipmatte punya hasil akhir semi-matte atau Make Over menyebutnya dengan ‘modern-matte’, tapi aku lebih suka untuk bilang kalau finish-nya: hybrid satin-matte. Gak seperti lipstik dengan hasil gloss atau shine (seperti produk Make Over Ultra Shine), produk ini membuat bibir terlihat segar dan sehat dengan shine yang gak berlebihan. Dan gak seperti lipstik matte, bibir gak akan keliatan flat. Just in the right place, in the middle of both.

✨ Staying Power & performance

Make Over gak mengklaim apapun soal daya tahannya, so don’t get your hopes too high, folks. Tapi, ini yang aku rasakan setelah dua minggu percobaan produknya.

Sebelumnya seperti biasa aku harus jelaskan dulu soal hasil akhir lipstik karena di Instagram masih banyak yang tanya “apakah lipstiknya transferproof?”. Se-matte apapun lipstik klasik, tetep gak akan transferproof. Simply it can’t. Jadi jangan samakan hasil akhir lipstik klasik dengan transferproof lip cream / liquid lipstick ya guys. Memang ada lipstik klasik (biasa) yang transferproof dan gak akan nempel di permukaan apapun tapi jelas itu special case. Biasanya kamu perlu mengaplikasikan second coat sebagai lapisan agar lipstik transferproof. Ingat SAAT Insight Lip Fixer yang pernah aku buat reviewnya di Instagram? Nah seperti itulah konsep ‘second coat’.

All in all, MATTE gak sama dengan TRANSFERPROOF. Terlebih jika produknya adalah lipstik klasik batangan.

Nah untuk itu aku merasa kurang sreg jika ada yang bilang produk ini transferproof, karena ya memang tidak transferproof sama sekali. Warnanya akan menempel di permukaan apapun tapi warna yang tinggal di bibir pun masih akan terlihat baik.

Oke, jadi seperti apa daya tahannya? I’d say produk ini bisa tinggal di bibir dengan baik selama hampir 7 jam tapi warnanya udah gak akan sesempurna awal. Ketika kamu minum atau makan, warnanya akan luntur. Bagian pertama yang akan luntur terlebih dahulu adalah bagian dalam bibir karena bagian inilah yang paling terekspos air liur.

Menurutku, strength yang paling utama dari produk ini adalah formulanya yang nyaman, serta pilihan warnanya yang disesuaikan dengan warna kulit Indonesia.

Shades

  • 💋 01 CHARM (Pinkish Nude)⁣
  • 💋 02 FLIRT (Purplish Pink)⁣
  • 💋 03 ALLURE (Medium Pink)⁣ ❤️
  • 💋 04 HYPNOTIC (Maroon)⁣ ❤️
  • 💋 05 SCANDAL (Orangish Red)⁣ ❤️
  • 💋 06 KISS (Reddish Pink)⁣ ❤️
  • 💋 07 TEMPTATION (Medium Peach)⁣
  • 💋 08 ADDICTED (Orangish Nude)⁣
  • 💋 09 UNDERCOVER (Natural Brown)⁣ ❤️
  • 💋 10 BEWITCHED (Nude Pinkish Brown)⁣
  • 💋 11 ADORE (Brownish Nude)⁣
  • 💋 12 MAGNET (Orangish Brown)⁣ ❤️

Warna favoritku adalah: 03 Allure, 04 Hypnotic, 05 Scandal, 06 Kiss, 09 Undercover, 12 Magnet. It’s literally 6 out of 12. Hahaha… Tapi kalau ditanya yang paling sering dipakai yang mana, itu jelas jawabannya nomor 12 Magnet. ?

 

 
RECOMMENDED SHADES
LIGHT & FAIR SKINTONES 01 CHARM, 02 FLIRT, 03 ALLURE, 06 KISS, 07 TEMPTATION, 08 ADDICTED, 09 UNDERCOVER, 10 BEWITCHED, 11 ADORE
LIGHT MEDIUM-MEDIUM SKINTONES 01 CHARM, 03 ALLURE, 04 HYPNOTIC, 05 SCANDAL, 06 KISS, 07 TEMPTATION, 09 UNDERCOVER, 10 BEWITCHED, 12 MAGNET
TAN-DARK SKINTONES 03 ALLURE, 04 HYPNOTIC, 05 SCANDAL, 06 KISS, 09 UNDERCOVER, 10 BEWITCHED, 12 MAGNET
OMBRE / GRADATION COLOR COMBO RECOMMENDATION
01 CHARM + 05 SCANDAL
02 FLIRT + O6 KISS
08 ADDICTED + 12 MAGNET (my favorite color combo!)
11 ADORE + 12 MAGNET
01 CHARM + 04 HYPNOTIC

✨ Perbandingan Antara Color Hypnose Creamy Matte, Creamy Lust, Ultra Shine, dan Ultra Hi-Matte

First of all, seperti yang kita semua tau, varian lipstik klasik dari Make Over cukup banyak: Creamy Lust, Ultra Shine, dan Ultra Hi-Matte. Belum lagi kalau lebih luas lagi, Make Over juga punya lip crayonclick pen, dan lip liner untuk tipe lipstik batang. Disini aku hanya akan membandingkan Color Hypnose Creamy Lipmatte dengan saudara sejenisnya aja yaitu Creamy Lust, Ultra Shine, dan juga Ultra Hi-Matte.

PERBANDINGAN ANTARA COLOR HYPNOSE CREAMY LIPMATTE, ULTRA HI-MATTE, CREAMY LUST, DAN ULTRA SHINE
Color Hypnose Creamy Lipmatte Ultra Hi-Matte Creamy Lust Ultra Shine
Formula & Hasil Akhir Creamy dengan hasil akhir semi-matte. Tekstur lembut di bibir dan tidak membuat bibir kering. Creamy dengan hasil akhir matte. Agak terasa streaky pada ulasan pertama tapi memiliki warna yang sangat intens. Creamy dengan hasil akhir satin. Sangat lembut seperti butter di bibir. Creamy dengan hasil akhir shiny. Lembut di bibir tapi punya warna yang tidak terlalu intens.
Shine Rank (1-4) 3 (sedikit kilau) 4 (tanpa kilau) 2 (punya kilau) 1 (banyak kilau)
Staying Power Rank (1-4) 2 (tahan lama tapi tidak lebih baik dari Ultra Hi-Matte) 1 (paling tahan lama) 3 (tahan lama tapi tidak sebaik Ultra Hi-matte) 4 (paling tidak tahan lama)
Pilihan Warna 12 shades 18 shades 12 shades 13 shades
Harga & Berat Bersih 75,000 (4,3g) 90,500 (2,3g) 76,500 (4g) 76,500 (3,8g)

 

 

✨ Price & Where to Buy

Online di LAZADA, SHOPEE, TOKOPEDIA & Seluruh gerai Make Over se-Indonesia. Produk ini udah dijual secara online dan offline (jika di kotamu masih belum tersedia, sabar ya! Aku dengar produk ini lagi dalam proses distribusi).

✨ Swatches

 

✨ Baca Review Make Over Lainnya

✨ Lippierating

[penci_review][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love